Saturday 9 July 2016

Bolehkah Ibu Hamil Puasa?

Spesialis Kebidanan Rumah Sakit MRCCC Siloam dr Imam Rasjidi, SPOG (K) Onk menyampaikan puasa bakal mencegah penyakit degeneratif kepada janin dan umi hamil seperti kolesterol, jantung koroner, dan kencing anggun.
http://www.tentangibu.com/
“Manfaat puasa galat satunya yakni sanggup mencegah penyakit yg timbul lantaran pola makan yg hiperbola. Bagi mamah hamil dan janin, makanan yang hiperbola gizi mampu menyebabkan kegemukan dan penyakit degeneratif pada mak dan janin,” kata dr Imam Rasjidi, SPOG (K) Onk di Jakarta, Rabu (24/7/2013).

Imam mengatakan, umi hamil yg berpuasa pula dapat menambah jumlah sel darah putih, di mana kondisi ini akan menjauhkan serangan penyakit jantung dan pembuluh darah, juga menaikkan kekebalan tubuh.

“Puasa juga memberikan waktu istirahat pada organ pencernaan, yang dapat meringankan menjaga fungsi organ pencernaan,” kata Imam.
http://www.tentangibu.com/2015/09/atasi-pegal-saat-hamil-mulai-sekarang.html
selain itu, lanjut Imam, puasa bagi mamah hamil akan membersihkan tubuh dari racun dan kotoran atau disebut dan detoksifikasi, yg dapat membatasi asupan kalori yg masuk ke terhadap tubuh, sehingga mengakibatkan enzim antioksidan yang membersihkan zat-zat bersifat racun terhadap tubuh.

“pada kala berpuasa juga berlangsung penurunan glukosa dan berat badan, di mana faktor ini bermanfaat buat mencegah terjadinya obesitas kepada umi hamil dan janin,” istilah Imam.

Tak hanya puasa, Imam menambahkan, bahwa shalat tarawih yang dijalankan terhadap bulan Ramadhan setelah berbuka dan memiliki manfaat, yaitu meringankan memproses metabolisme makanan kepada tubuh.

“Bila dilakukan penghitungan dengan penghitung kalori, jumlah kalori yang terbakar sewaktu shalat tarawih se akbar 200 kalori,” tutur Imam.

Beserta demikian, Imam menyampaikan, puasa sanggup mencegah bermacam macam macam penyakit terhadap mak hamil dan janin, selagi kondisi keduanya memungkinkan buat menjalankan ibadah puasa.

“Jika kesehatan janin dinyatakan sehat dan memberi dukungan ibadah puasa, maka ibu hamil dapat lakukan puasa dan hal tersebut tidak Mengganggu perkembangan janin, justru mendatangkan manfaat,” kata Imam.

referensi
http://www.tentangibu.com/2016/02/bolehkah-ibu-hamil-puasa.html

No comments:

Post a Comment